Popular Post

Posted by : Surya Fahik Rabu, 29 Agustus 2012


Social Networking adalah istilah yang digunakan untuk menyebutkan sebuah website berbasis jejaring sosial artinya suatu website yang memungkinkan adanya interaksi antara anggota atau pengikut dari website tersebut secara penuh. Saat ini, situs jejaring sosial merupakan situs yang paling banyak mendapatkan kunjungan setelah website search engine, bahkan dalam beberapa kondisi tertentu website jejaring sosial merupakan website yang memiliki tingkat kunjungan tertinggi, sebut saja Facebook, Twitter, MySpace, dll. Nah, apa saja situs jejaring sosial yang paling populer di dunia? Berikut adalah 10 situs jejaring sosial terpopuler di dunia versi blog saya.

10) Orkut
Orkut layanan nya mirip seperti Facebook dan nama nya diambil dari penciptanya, karyawan Google yang bernama Orkut Buyukkokten. Jejaring sosial yg satu ini mengkhususkan membernya yang punya email di akun GMail. Ketika pertama kali muncul, Orkut hanya bisa didapat melalui undangan, dan baru dibuka untuk umum sejak Oktober 2006. Orkut menjadi layanan jejaring sosial paling kondang di Brasil dan nomor dua di India. Google mengumumkan akan memindahkan hosting Orkut dari Kalifornia ke Brasil, dan akan dikelola oleh Google Brasil.dengan estimasi pengunjung (unique) 4,500,000/bulan dan ranking 59 alexa, Orkut menempatkan dirinya pada posisi ke 10. 

9) Friendster
Friendster berasal dari ‘Friend’ dan ‘Napster’. Pada saat itu Napster memang sudah menolong orang-orang untuk bertukar informasi melalui dunia maya, dan Friendster melakukan hal yang sama dalam dimensi yang berbeda dan juga memberikan fasilitas untuk membuat profil dan kemudian mengisi data dirinya untuk kemudian mendapatkan akun di Friendster. Dalam Friendster, kita juga dapat melihat teman dari teman kita dan teman dari teman dari teman kita, selain melihat teman kita sendiri. Situs ini merupakan situs jejaring sosial pertama di internet yang memiliki basis awal di negara-negara berbahasa Inggris, lalu menyebar hingga ke Asia. Posisinya di Amerika Serikat dan tidak lama kemudian digantikan dengan MySpace dan kemudian Facebook dan Linked in, namun situs ini masih memiliki basis massa di Asia. Didirikan pada tahun 2002 berkantor pusat di Silicon Valley, California, Amerika Serikat. Pendirinya adalah Jonathan Abrams (foto atas), yang sekaligus kreator dari Friendster. namun Sejak Desember 2009 MOL Malaysia telah membeli Friendster seharga 100 juta dollar AS. Mungkin ini lah penyebab mengapa Friendster tidak berkembang dan melempem semenjak di beli Malaysia. Dengan estimasi pengunjung (unique) 5,000,000/bulan dan ranking 301 alexa serta memiliki aset $26 juta, Friendster menempatkan dirinya pada posisi ke 9.

8) Bebo
Bebo pertama kali didirikan oleh Michael Birch dan Xochi Birch pada awal Januari 2005 sebagai situs pertukaran (sharing) foto. Barulah pada Juni 2005, Bebo diperkenalkan sebagai sebuah situs jejaring sosial. Pada proses perkembangannya, tahun 2006-2007 Bebo merupakan salah satu dari 25 situs yang paling banyak diakses oleh para pelajar dan mahasiswa di Amerika dan Inggris. Bebo sempat menduduki peringkat ketiga situs sosial yang paling populer di Amerika. Akan tetapi mulai tahun 2009, Bebo tergeser keberadaannya dengan situs jejaring sosial lain yang mulai bermunculan. Pada 7 April 2010, AOL sebagai pengelola Bebo menyatakan akan menjual situs tersebut karena sangat menurunnya jumlah pengguna yang mengakses situs Bebo. Bebo telah kehilangan daya saingnya terhadap situs sosial lain seperti Facebook dan Myspace. Dengan estimasi pengunjung (unique) 7,000,000/bulan dan ranking 588 alexa serta memiliki aset $10 juta, Bebo menempatkan dirinya pada posisi ke 8.


7) Hi5
Hi5 pertama kali didirikan pada tahun 2003 oleh Ramu Yalamanchi. Dalam perkembangannya, situs Hi5 dinilai sebagai salah satu situs sosial dengan tampilan Web 2.0 yang terbatas. Fitur-fitur dan aplikasi yang terdapat dalam Hi5 tidak jauh berbeda dengan situs sosial lain. Situs Hi5 ini berhasil menghubungkan orang-orang dari seluruh belahan dunia dengan sangat mudah, tanpa harus memiliki akun Hi5. Inilah yang menyebabkan pada tahun 2009, Hi5 menjadi salah satu dari dua puluh besar situs sosial yang paling sering dikunjungi oleh masyarakat mancanegara dengan lebih dari 60 juta pengguna aktif. Pada tahun 2010, Hi5 menduduki peringkat enam besar dari sekian banyak situs sosial yang ada di dunia dengan kebanyakan pengguna Hi5 berada di wilayah Amerika Latin dan Asia Selatan. Kini, Hi5 lebih dikenal sebagai situs permainan sosial. Dengan estimasi pengunjung (unique) 27,000,000/bulan dan ranking 62 alexa serta memiliki aset $20 juta, hi5 menempatkan dirinya pada posisi ke 7.

6) Tagged
Pada awalnya jejaring sosial ini ditujukan untuk anak SMP dan SMA, hingga akhir nya terbuka untuk umum.  Tagged.com adalah situs web jejaring sosial yang diluncurkan pada Oktober 2004 dan didirikan oleh entrepreneur Greg Tseng dan Johann Schleier-Smith, keduanya adalah lulusan Harvard. Situs ini memperbolehkan penggunanya untuk membuat dan mengatur profil, mengirim pesan, meninggalkan komentar, mengirim buletin, pengaturan status, melihat foto, video, bermain permainan, memberikan hadiah, memberi tanda, chat, dan berteman. Dengan estimasi pengunjung (unique) 30,000,000/bulan dan ranking 141 alexa serta memiliki aset $30 juta, Tagged menempatkan dirinya pada posisi ke 6.

5) Ning
Ning adalah sebuah platform online untuk orang menciptakan situs jejaring sosial sendiri, kurang lebih nya seperti anda membuat grup atau milis di yahoo atau google serta di facebook. Selain itu juga ada aggregator opini Sodahead dan situs untuk bersenang-senang Fanpop. Ning diluncurkan pada bulan Oktober 2004 dengan pencetus nya Marc Andreessen dan Gina Bianchini, arti dari kata Ning sendiri di ambil dari bahasa Cina yang artinya perdamaian. Dengan estimasi pengunjung (unique) 42,000,000/bulan dan ranking 128 alexa serta memiliki aset $214 juta, Ning menempatkan dirinya pada posisi ke 5.


4) Linked in
Linked in adalah situs jejaring sosial dengan dasar profesional dan bisnis. Jadi jejaring sosial yang satu ini memang agak serius dikit dan Anda bisa berbagi informasi tentang pengalaman profesional dengan mengundang teman-teman yang sudah terdaftar menjadi anggota atau pun belum. Teman-teman yang terhubung dengan Anda disebut dengan Connections. CEO Linked in adalah Jeff Weiner, yang sebelumnya menjadi eksekutif bagi Yahoo! Inc. Perusahaan ini didirikan oleh Reid Hoffman, dibantu oleh Paypal dan Socialnet.com. Linked in didirikan tahun 2003 di Amerika Serikat. Sejak tahun 2010 anggota situs ini menjadi 30 juta orang, meliputi 150 industri dan lebih dari 400 bidang ekonomi yang diklasifikasi menurut jasanya dan tersebar lebih dari 200 negara. Selain bahasa Inggris, Linked in juga diterjemahkan ke bahasa Perancis, Jerman, Italia, Portugis dan Spanyol. Anda diminta mengisi informasi tentang pengalaman kerja selama karir Anda, dengan begitu Anda juga bisa mencari pekerjaan atau mempekerjakan orang lain karena sudah terlihat pengalaman mereka di situs. Dengan estimasi pengunjung (unique) 50,000,000/bulan dan ranking 29 alexa serta memiliki aset $2 milyar, Linked in menempatkan dirinya pada posisi ke 4. 

3) MySpace
MySpace merupakan situs sosial yang menskonsentrasikan layanannya di bidang musik. Kehadiran Myspace pada tahun 2003 memunculkan tampilan foto, profil, grup, chatting, dan layanan upload musik/video. Myspace juga menyediakan layanan pemasangan genre musik khusus pada halaman profil. Awal nya, Myspace terinspirasi akan kehadiran jejaring sosial Friendster. Melihat hal ini sebagai momentum untuk membuat jejaring sosial yg jauh lebih canggih dibandingkan friendster. Saat ini dengan aset $15 milyar  dan estimasi pengunjung (unique) 80,500,000/bulan serta ranking 56 di alexa, MySpace menempatkan dirinya pada posisi 3 saat ini. 

2) Twitter
Didirikan pertama kali oleh Jack Dorsey dari perusahaan podcasting Odeo, Twitter merupakan salah satu situs jejaring sosial terpopuler di dunia. Idenya sebetulnya cukup sederhana, mengkombinasikan SMS dengan situs jejaring sosial. Inspirasi dasar Twitter muncul dari SMS group messaging service TXTMob. Juli 2006 layanan ini mulai diluncurkan untuk public dengan nama “Twitter”. Nama layanan situs tersebut diperkuat dengan logo burung dan arti nama “Twitter” sendiri yang artinya ; kicau burung. Saat peluncuran pertama kali Twitter sudah memiliki brand, nama serta identitas yang jelas, padahal pendirinya belum tahu akan seperti apa model bisnis layanan ini.Melalui Twitter orang dapat saling berbagi pesan ataupun informasi dalam bentuk 140 karakter. Karena hanya memiliki 140 karakter terkadang Twitter suka disebut sebagai “sms internet”. Simple tapi powerful, mungkin itu kesan yang bisa terlihat dari Twitter. Bagi para pengguna yang tidak memiliki waktu banyak atau tidak ingin wara-wiri surfing dalam situs pertemanan, Twitter menyediakan cara berinteraksi yang simple tapi efisien. Dengan aset $4 milyar dan estimasi pengunjung (unique) 95,800,000/bulan serta menduduki ranking 10 di alexa, Twitter menempatkan dirinya pada posisi runner up saat ini. 

1) Facebook
Nah, ini dia situs jejaring sosial terpopuler di dunia. Facebook diluncurkan pertama kali pada tanggal 4 Februari 2006 oleh seorang mahasiswa Harvard University, Mark Zuckerberg. Nama Facebook sendiri diinspirasi oleh Zuckerberg dari sebuah istilah di kalangan kampus seantero AS untuk saling mengenal antar sesama civitas akademiknya. Awalnya para penggunanya hanya dikhususkan bagi para mahasiswa di kampus Harvard University. Lalu kemudian diperluas ke sejumlah kampus di wilayah Boston (Boston College, Boston University, Northeastern University, Tufts University) dan kampus-kampus lainnya seperti Rochester, Stanford, NYU, Northwestern, and Ivy League. Menyusul kemudian sejumlah kampus lain di AS, akhirnya penggunanya lebih diperluas lagi ke sejumlah kampus lain di seluruh dunia dan terakhir bebas untuk umum. Para pengguna bebas membuat profilnya masing-masing yang di dalamnya bisa berisi foto dan info-info pribadi lainnya. Selain itu situs ini juga dapat mengirim pesan kepada sesama pengguna, bergabung dengan sebuah grup atau lebih. Secara default, Facebook mengatur profil pengguna hanya bisa diakses oleh sesama pengguna yang telah berteman. Namun pengaturan ini bisa nanti dirubah jika diinginkan. dengan estimasi pengunjung (unique) 550,000,000/bulan dan rangking 2 alexa, Facebook menempatkan dirinya sebagai jawara jejaring sosial di atas jagad bumi saat ini.dengan aset $50 milyar. 

Itulah 10 situs jejaring sosial terpopuler versi blog saya.

One Response so far.

- Copyright © 2013 Surya Dhe Cheaterz - Devil Survivor 2 - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -

Google+ Badge

My FaceBook Profile