Popular Post

Posted by : Surya Fahik Jumat, 17 Mei 2019

Indahnya Desa Wae Rebo Flores, Bagaikan Negeri di Atas Awan
Desa Wae Rebo bagaikan negeri di atas awan (IG @exploreindonesia)
Untuk kamu pecinta traveling, harus memasukan Desa Wae Rebo Flores ini sebagai destinasi impian yang akan didatangi. Kenapa? Sebab, Wae Rebo disebut-sebut sebagai desa terindah di Indonesia yang memiliki julukan Negeri di atas awan.
Desa ini berada di ketinggian 1.200 dari atas permukaan laut. Tempatnya jauh dari riuh dari hiruk pikuk ibukota. Cocok sekali untuk kamu yang ingin merasakan ketenangan di liburan kali ini.
Saat berada di sana, kamu akan disuguhi pemandangan hamparan pegunungan, hutan, dan kebun kopi yang indah. Nuansa alami sangat terasa saat kamu berada di sana. Sebab, jauh sekali dari kata polusi. Karena berada di dataran tinggi, tentu saja udara yang ada di sana sangat sejuk

Daya Tarik Desa Wae Rebo

Mbaru Niang, rumah adat Suku Manggarai yang masuk dalam Warisan Budaya UNESCO Asia-Pasifik 2012 (IG @jocincw)




Selain menawarkan pemandangan indah, daya tarik lain yang ditawarkan Desa Wae Rebo Flores untuk para wisatawan adalah melihat kehidupan Suku Manggarai yang hidup di sana.
Suku Manggarai di Desa Wae Rebo masih tinggal di rumah adat berbentu kerucut yang disebut dengan Mbaru Niang. Rumah kerucut ini sungguh unik sebab masih mempertahankan arsitekturnya yang masih tradisional. Rumah yang terdiri dari lima lantai ini bisa dihuni enam sampai delapan keluarga.
Karena masih mempertahankan tradisi nenek moyang, tak heran jika Mbaru Niang mendapatkan penghargaan tertinggi kategori konservasi warisan budaya UNESCO Asia-Pasifik tahun 2012.

Ilustrasi tenun di Desa Wae Rebo




Selain rumah, hal yang menarik dan bisa kamu jumpai di Desa Wae Rebo ini tentu saja kehidupan masyarakat Suku Manggarai. Salah satunya yang kamu bisa melihat perempuan desa ini menenun kain.

Cara ke Desa Wae Rebo Flores

Jika berencana untuk ke Desa Wae Rebo, Anda bisa memulai perjalanan dari Labuan Bajo menuju Desa Denge dengan menggunakan mobil atau kendaraan umum yaitu truk. Setelah sampai di Desa Denge, Anda harus mendaki sekitar 3 jam agar bisa sampai ke Wae Rebo.
Walaupun dibutuhkan ekstra tenaga untuk mencapai desa tersebut, yakinlah rasa lelah itu akan terbayar lunas saat melihat pemandangan indah negeri di atas awan.

- Copyright © 2013 Surya Log - Devil Survivor 2 - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -

About Me

Foto saya
KUPANG, NUSA TENGGARA TIMUR, Indonesia