Posted by : Surya Fahik
Sabtu, 21 Juli 2012
Duduk di kursi empuk pesawat yang
berjejer rapi, lengkap dengan pramugari yang melayani seluruh kebutuhan
mungkin sudah biasa. Tapi pernahkah Anda berada dalam pesawat dengan bar
di dalamnya? Pesawat dengan fasilitas paling canggih untuk
penumpangnya, kini bukan sekadar khayalan, atau hanya ada di televisi.
Anda bisa merasakannya langsung, tanpa perlu repot menyewa pesawat
pribadi untuk merasakan nikmatnya terbang dengan pelayan pribadi. Saat
ini, sudah banyak maskapai penerbangan yang menciptakan gebrakan baru
dalam hal pelayanan, untuk memuaskan pelanggannya. Mulai dari fasilitas
bar di dalam pesawat hingga penerbangan dengan pemijatan akupuntur.
Melihat banyaknya maskapai yang menciptakan inovasi baru dalam
pelayanannya, airlinetrends.com pun membuat peringkat 5 maskapai dengan
inovasi terbaik tahun 2012. Airlinetrends.com adalah lembaga penelitian
independen yang fokus pada penerbangan global.Berikut adalah 5 maskapai paling inovatif yang versi Airlinetrends.com:
1. Korean Air
Menurut lembaga ini, maskapai yang memegang peringkat pertama sebagai
maskapai paling inovatif adalah Korean Air. Korean Air menyediakan
makanan sehat untuk penumpangnya, yaitu dengan menggunakan sayuran
organik asli dari pertanian di Jeju. Tidak hanya itu, Korean Air juga
memiliki pelayanan yang mengutamakan perhatian untuk penumpang
wanitanya. Betapa tidak, maskapai ini memiliki ruang tunggu khusus
wanita di Bandara Incheon Seoul, yang menjadi bandara terbaik di dunia
selama 7 tahun terakhir. Lebih dari itu, Korean Air memiliki kamar mandi
khusus wanita di dalam pesawatnya. Belum puas ingin memanjakan
penumpangnya, Korean Air juga memiliki bar di dalam pesawat Airbus A380,
lengkap dengan bartender. Berada di dalamnya bisa membuat Anda lupa
sedang berada di dalam pesawat.
2. British Airways
Setelah Korean Air, peringkat kedua diduduki British Airways. Di dalam
pesawat British Airways, Anda bisa melihat seluruh awak kru pesawatnya
menggunakan iPad untuk melayani penumpang. Kalau Korean Air menyiapkan
makanan dari bahan organik asli Jeju, British Airways menyediakan
makanan lezat untuk penumpangnya, asli buatan koki selebritis. Yummy!
3. Delta Air Lines
Posisi ketiga diduduki oleh Delta Air Lines. Maskapai ini memiliki
fasilitas yang termasuk dalam layanan premium dari rekannya, Porsche.
Delta juga memiliki tas ponsel yang bisa mendeteksi aplikasi smartphone
dan layanan WiFi untuk semua pesawat. Keren? Tidak sampai di situ, Delta
Air Lines menjadi maskapai pertama yang menyediakan layanan customer
via Facebook. Di twitter, Delta Air Lines memiliki ‘Delta Assist’,
pelayanan customer yang diluncurkan Maret 2011 lalu. Melalui ‘Delta
Assist’, maskapai ini berusaha membantu pelanggan dengan menyediakan
bantuan perjalanan real-time. Untuk lebih memuaskan pelanggan, Delta Air
Lines meluncurkan @deltaassist_ES di twitter yang menggunakan bahasa
Spanyol.
4. KLM
Maskapai milik Belanda ini benar-benar memuaskan penumpangnya dengan
berbagai fasilitas yang ada di dalam pesawat. Lihat saja alat makan yang
digunakan penumpangnya di kelas Bisnis, semua didesain khusus oleh
desainer kontemporer Belanda bernama Marcel Wanders. Di bagian kabin,
penumpang akan dikejutkan dengan kecantikan interiornya yang sengaja
dibuat desainer terkenal Belanda, Hella Jongerius. Ia menciptakan tempat
tidur yang dilapisi berlian. Mewah! Masih di kelas Bisnis, penumpang
akan dibekali dengan suvenir berupa replika rumah khas Belanda.
Spesialnya, replika ini dibuat dari bahan keramik. Lucu!
5. TAM
Didirikan pada tahun 1976, TAM yang merupakan maskapai dari Brasil ini
mengeluarkan inovasi baru, dengan membiarkan penumpang anak-anak untuk
membantu awak pesawat membagikan permen. Jadi, sebelum pesawat lepas
landas, penumpang yang masih anak-anak diperbolehkan membagikan permen
kepada seluruh penumpang yang duduk di dalam pesawat. TAM juga dicatat
sebagai maskapai pertama dari Amerika Latin yang menyediakan layanan
sinyal elektronik di dalam pesawat. Sinyal ini sudah disesuaikan dengan
seluruh perangkat pesawat, jadi tidak menganggu sistem navigasi yang
ada.
Posting Komentar